How many peopple see may blog?

Monday 12 January 2015

PEMIJAHAN IKAN GRASS CARP

Pemijahan Ikan Grass Carp


Gambar ikan grass carp
 Sumber: Dokumen pribadi penulis

   Ikan Grass Carp bukan lah ikan endemik  perairan indonesia, melainkan ikan hasil introduksi dari negara lain. Catatan tertua yang pernah menyatakan introduksi ikan ini ke wilayah perairan tawar indonesai adalah Sireman dan Smith (1983) yang menyatakan ikan grass carp masuk ke perairan indonesai pada awalnya melalui daerah Sumatra pada tahun 1915 yang berasal dari China. Selanjutnya ikan ini didatangkan kembali ke wilayah Jawa pada tahun 1949 dengan asal negara yang sama.
  Dihabitat alaminya ikan grass carp hidup pada daerah sekitar timur China dan USSR (Daerah jajahan Soviet dulu) pada kordinat 50-23 LU (lintang utara). Perairan hidup ikan ini berada pada perairan tawar meliputi sungai yang tidak terlalu deras, danau dan kolam menurut Sireman dan Smith (1983).
  

 
 Gambar peta habitat penyebaran ikan grass carp ditandai pada lingkaran merah
Sumber: Antalfi et al. (1972) dalam sireman dan Smith (1983)
 Gambar peta negara Uni Soviet dan China
Sumber: www.Kompasiana.com



Reproduksi ikan grass carp tergolong dalam jenis ikan heteroseksual artinya ikan ini terbagi menjadi dua jenis kelamin jantan dan betina dan bukan lah jenis ikan hemaprodit. 

   Pemijahan ikan grass carp dapat dilakukan dengan cara pemijahan  semi buatan dan buatan. Pemijahan semi buatan artinya dalam pemijahan ikan grass carp dilakukan dengan terlebih dahulu disuntikan hormon perangsang pada pasang ikan jantan dan betina selanjutnya dibiarkan memijah secara alami. Sedangkan pemijahan buatan dilakukan hal pemyuntikan hormon, tetapi masing-masing ikan jantan dan betina akan dilakukan kegiatan penyetriping atau yang lebih dikenal dengan pengurutan dengan tujuan ikan mengeluarkan cairan sperma dan sel telur. Namun sejauh ini belum diketahui ikan grass carp dapat dipijahkan secara alami tanpa adanya rangsangan hormon pemijahan di kolam pemijahan sejauh pengalaman penulis.

  Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan untuk memilih metode pemijahan ikan grass carp. Pemijahan buatan mungkin dapat diterapkan akan tetapi kelemahan dari tehnik pemijahan ini adalah pada tingkat resiko kematian indukan ikan grass carp tersebut, indukan ikan dapat mengalami kematian akibat kegiatan penyetripingan yang menyebabkan kerusakan pada organ dalam tubuh ikan  tersebut. Selain itu umur pemeliharaan indukan diperlukan lebih dari satu tahun pemeliharaan untuk menjadi indukan yang siap melakukan pemijahan, dirasa sangat disayangkan jika induk yang digunakan mengalami kematian akibat proses ini, dengan demikian menggunakan tehnik semi alami lah yang dinilai yang lebih baik untuk pemijahan indukan ikan grass carp.
  Tehnik pemijahan semi buatan ikan grass carp dapat diterapkan pada indukan ikan grass carp yang telah mencapai umur kisaran 1,5 tahun. Adapun prosedur pemijahan indukan ikan grasscarp yakni:

1) Sortasi induk
sebelum diseleksi indukan di puasakan terlebih dahulu selama 1 hari,
selanjutnya diseleksi denggan ketentuan sebagai berikut:

a) Induk Jantan
Pada sirip pectoral (sirip renang) ikan bagian atas akan terasa kasar untuk indukan jantan, pilihlah indukan yang sehat dan lincah

b)Induk Betina
Induk ikan betina memiliki perut yang bulat dan besar, jika diraba denggan tanggan akan terasa besar pada bagian perut, lakukan pembalikan induk ikan denggan secara hati-hati yang disebut denggal bell up dengan demikian posisi indukan dalam keadaan terletang maka akan dapat kita lihat pada bagian perut ikan kedua kantung telur akan berpindah ke kiri dan kekanan bagian tubuh ikan dan akan dapat kita lihat cekungan pada tengah-tengah kantung telur tersebut.

2) Kedua indukan diletakan di Bak pemijahan
Pasangan indukan ikan grasscarp terdiri dari 1 betina dan 3 jantan, selama 1 hari indukan diletakan di bak pemijahan tanpa diberikan pakan.

3)Penyuntikan indukan
Induk ikan grasscarp masing-masing disuntik dengan dosis 0,5ml /kg. pada induk betina 1/3 dosis disutikan pada 12 jam sebelumnya dan 2/3 dosis disuntik pada 6 jam sebelumnya. diushakan proses pemijahan jatuh pada malam hari karena berdasarkan literatur Shirman dan smith menyatakan bahwa proses pemijahan ikan grasscarp dialam terjadi pada malam hari. oleh karenanya dapat diandaikan penyu tikan 1/3 dosis dilakukan pada pukul 13.00 wib sedangkan pada penyuntikan 2/3 dosis dilakukan pada pukul 18.00, maka proses pemijahan akan dapat bereaksi pada kisaran pukul 21.00 hingga 03.00.

demikian sedikit pemaparan  penjelasan dari  penulis



No comments:

Post a Comment